Meraih Kesehatan Dengan Dhuha

   Meraih sehat tidak hanya dengan cara berolahraga saja tapi ternyata sehat biasa juga di raih dengan cara sholat ,salah satunya dengan sholat dhuha dan sholat dhuha di laksanakan ketika matahari mencapai sepenggalah,dan batas waktunya tepat matahari di atas ubun-ubun kita. begitu pentingnya sholat dhuha sehingga nabi saw mewasiatkan kepada Abu Hurairoh untuk melaksanakanya.

   Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Setiap tulang dan persendian badanmu ada sedekahnya, setiap tasbih adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, setiap amar ma’ruf adalah sedekah, dan setiap nahi munkar adalah sedekah. Maka yang dapat mencukupi hal itu hanyalah dua raka’at yang dilakukannya dari sholat dhuha.” (Ahmad, Muslim, dan Abu Dawud)

MELENTURKAN SENDI MEREGANGKAN OTOT

   Melenturkan sendi dan meregangkan otot tentunya ini berlaku tidak hanya pada sholat dhuha saja tapi semua sholat baik sunat atuapun wajib,Tapi sholat dhuha itu punya kelebihan sendiri lho. Sholat dhuha disyari’atkan dilaksanakan pada waktu yang pas, dimana saat tubuh memerlukan energi namun juga harus bersiap menghadapi pekerjaan dan bebannya.

   Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa Sallam bersabda, “Dalam tubuh manusia terdapat 360 persendian, dan ia wajib bersedekah untuk tiap persendiannya.” Para sahabat bertanya, ‘Siapa yang sanggup wahai Rasululloh?’ Beliau menjawab, “Ludah dalam masjid yang dipendamnya atau sesuatu yang disingkirkan dari jalan. Jika ia tidak mampu, maka dua raka’at dhuha sudah mencukupinya.” (Ahmad dan Abu Dawud)

   Subhanalloh, salah satu hak persendian yang wajib kita tunaikan tentu saja adalah perawatan dengan peregangan dan pelenturan. Dan ini dikatakan oleh Rasululloh Shallallohu ‘alaihi wa Sallam cukup dilakukan dengan dua rakaat sholat dhuha.

   Dr. Ibrahim Kazim, seorang dokter, peneliti, dan direktur Trinidad Islamic Academy, menyatakan, “Gerakan yang teratur dan diulang-ulang pada tubuh saat seseorang shola akan menguatkan otot tubuh, tendon, kelenturan sendi, serta sistem kardiovaskuler.”

Demikianlah manfaat kesehatan pada shalat. Apalagi sholat dhuha yang dikerjakannya menjelang siang, maka sholat dhuha itu pas banget sebagai media relaksasi, peregangan, dan persiapan menghadapi tantangan sehari-hari.

MENGHILANGKAN STRES

   Sholat dhuha di laksanakan pada waktu pagi sedang sibuk-sibuknya orang beraktifitas yang tantunya banyak sekali kejadian menimpa kita baik senang ataupun susah dan itu terjadi silih berganti sehingga kita memerlukan istirahat sejenak untuk melaksanakan sholat dhuha, dan ini tentunya mengurangi aktifitas kita sehingga kita merasa rilek dan stres pun terhindarkan.Sholat dhuha mampu meminimalisir resiko stress seperti ini. Lho. . .bisa ya?

   Dr. Ibrahim Kazim berkata lagi, “Secara bersamaan, ketegangan di pikiran akan berkurang disebabkan komponen spiritual saat sholat, dengan adanya sekresi enkefalin, endorphin, dinorfin dan semacamnya.”

Enkefalin dan endorphin merupakan zat sejenis morfin, termasuk opiate. Efek keduanya tidak berbeda dengan opiate lainnya. Zat semacam ini meredakan ketegangan. Bedanya, enkefalin dan endorphin merupakan zat alami,diproduksi oleh tubuh, sehingga manfaatnya tentunya untuk keperluan tubuh dan terkontrol. Jika morfin non-alami bisa memberi rasa tenang dan senang namun kemudian ketagihan dan efek negatif lainnya, maka endorphin dan enkefalin tidak. Mereka memberi rasa tenang, rileks, bahagia, lega secara alami. Hasilnya, seseorang tampak lebih pede, optimis, hangat, menyenangkan.

RIZKI JADI LANCAR

   Orang yang tidak suka dengan sholat dhuha terutama orang-orang yahudi mengatakan “orang sedang sibik-sibuknya beraktifitas kok malah sholat bukankah ini  mengganggu terhadap bisnis yang sedang di lakukan…” ok saya beri contoh ” Di pasar banyak sekali toko berjejeran dan setiap toko persis sama kualitas nya sehingga orang bingung harus masuk ke toko mana…nah disinilah siapa yang mnentukan orang harus masuk ke toko mana ya tentunya Alloh swt” kita berharap dengan sholat dhuha Alloh memberikan rizki yang lancar dan barokah amiiin…….

   Subhanalloh semua yang di syriakan oleh Alloh dan Rusulnya begitu banyak hikmahnya tapi kita sebagai hamba yang taat melaksanakan sholat dhuha tentunya hanya mengharap rhido alloh semata .